Hadiri Musrenbang di Tanete Riattang, Wabup Bone : Alokasi Pembangunan Harus Merata

144

WATAMPONE- Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M. menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah(RKPD) untuk perencanaan 2021 di Kecamatan Tanete Riattang.

Musrenbang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas PU Bone, Jl. MH Thamrin, Watampone, Kabupaten Bone, Rabu 12 Februari 2020.

Ketua tim 4 musrenbang Asisten ll Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs.A.Gunadil Ukra, M.M. mengatakan, kegiatan ini bukan seremonial belaka, karrna ini merupakan kegiatan yang terintegrasi untuk menyatukan usulan kepentingan masyarakat.

“Tidak mungkin Pemerintah Daerah memenuhi semua permintaaan yang ada, Maka dari itu kami fokuskan pada lima usulan prioritas yang dibahas dalam musrenbang, di sinilah pemangku delegasi dituntut untuk bisa melihat kebutuhan mendasar” kata A.Gunadil Ukra.

Sementar Wakil Bupati Bone mengatakan, paradigma musrenbang harus berubah, dulu terjadi debat kusir dan saling memaki, padahal musrenbang ini forum silaturahmi dalam rangka mempertemukan apa yang menjadi usulan masyarakat dari berbagai sektor.

“Di sini kita berbicara tentang kepentingan rakyat, jadi tidak perlu lagi ada keributan,” tandasnya.

“Usulkan Musrenbang yang rasional, apalagi kita menuju adipura yang syaratnya bukan sekedar bersih, mari wujudkan Bone yang mandiri, berdaya saing dan sejahtera”ujar Wakil Bupati Bone.

Lebih jauh Wabup mengatakan pembangunan di Kota Watampone mesti merata di semua wilayah kelurahan. “Ketika ada bantuan, jangan itu itu terus dibantu, tetapi prioritaskan yang belum mendapatkan agar pembangunan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat,” tegasnya.

Lanjut dia, khusus di Kota Watampone pembangunan berfokus pada penataan kota. “Antara lain membenahi trotoar untuk pejalan kaki dan ramah penyandang disabilitas, perbaikan pemukiman agar tidak ada lagi pemukiman kumuh,”

Mantan Ketua DPRD Bone ini juga berharap agar para peserta Musrenbang dapat mengusulkan dengan tertib, tidak seperti debat kusir.

“Dalam musrenbang ini prinsip kita adalah kita mau bermusyawarah menentukan skala prioritas, skala prioritas yang tersebar di beberapa OPD,” kata Ambo Dalle.

Hadir pula Camat Kecamatan Tanete Riattang Andi Aksi, Danramil Tanete Riattang Kapten Eko dan sejumlah anggota DPRD Bone Daerah Pemilihan(Dapil) 1 Bone.

Selanjutnya, Wakil Bupati Bone juga menghadiri Musrenbang Kecamatan Tonra yang digelar di halamanĀ  Kantor Camat Tonra.